makanan penghilang galau

Label: ,


✿ Minyak Ikan
Asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam minyak ikan terkenal bagus bagi kesehatan jantung. Tak hanya itu, minyak ikan juga baik bagi kesehatan otak dan mood Anda. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti University of Pittsburgh School of Medicine menemukan bahwa partisipan yang memiliki level asam lemak omega-3 yang rendah dalam darah lebih cenderung mudah stres dan memiliki pandangan negatif.


 Cokelat
Banyak orang yang mencoba mengatasi bad mood dengan makan cokelat. Penelitian menunjukkan bahwa cokelat mengandung banyak bahan kimia yang dapat mengatasi perasaan sedih, termasuk magnesium yang membuat rileks, anandamide yang menenangkan, dan phenylethylamine yang membantu Anda merasa lebih baik.
Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, cobalah makan coklat yang dicelupkan dengan selai strawberi. Hal ini dikarenakan strawberi tak hanya merupakan sumber vitamin C, namun juga mengandung flavonoid yang baik untuk meningkatkan mood.
Sudah tidak heran lagi jika cokelat disebut sebagai makanan penghilang stres. “Cokelat akan meningkatkan level zat-zat neurotransmitter ke otak yang akan memicu pengeluaran hormon-hormon pembuat senang dan rileks seperti dopamin,” ujar Alan Hirsch, MD, direktur Smell & Taste Treatment and Research Foundation, Chicago. 


 Marmite
Jika Anda merasa cemas, stres, atau depresi, mengkonsumsi vitamin B bisa membantu untuk mengobati perasaan Anda. Vitamin B mempunyai peran penting untuk fungsi otak normal dan memproduksi serotonin yang meningkatkan mood. Secara khusus adalah vitamin B12 dan B6 yang bermanfaat untuk mengatur mood. Cobalah mengkonsumsi marmite yang kaya vitamin B dan cocok untuk para vegan maupun vegetarian.


 Pisang
Buah pisang adalah sumber makanan yang kaya gula alami dan bisa meningkatkan energi. Pisang merupakan sumber yang bagus untuk tryptophan, asam amino esensial yang bisa meningkatkan level serotonin, yang membantu mengatur mood Anda. Pisang juga kaya magnesium yang membantu Anda untuk rileks dan vitamin B6 yang membantu untuk mengatasi depresi.

Pisang mempunyai kandungan gizi sangat baik, antara lain menyediakan energi cukup tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lain. Pisang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, besi, dan kalsium. Pisang juga mengandung vitamin, yaitu C, B kompleks, B6, dan serotonin yang aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak.

Kandungan vitamin B6 pisang cukup tinggi, yaitu sebesar 0,5 mg per 100 gram. Selain berfungsi sebagai koenzim untuk beberapa reaksi dalam metabolisme, vitamin B6 berperan dalam sintetis dan metabolisme protein, khususnya serotonin. Serotonin diyakini berperan aktif sebagai neurotransmiter dalam kelancaran fungsi otak.
Vitamin B6 juga berperan dalam metabolisme energi yang berasal dari karbohidrat. Peran vitamin B6 ini jelas mendukung ketersediaan energi bagi otak untuk aktivitas sehari-hari.
dan B6 itu lah yang berfunsi untuk menghilangkan stres atau galau gan , dan juga ada contohnya , coba agan liat monyet,dia pemakan pisang kan gan dan monyet tersebut selalu tersenyum dan ga pernah terlihat sedih .


 Kacang-kacangan
Walnut atau kacang-kacangan adalah makanan yang bagus untuk meningkatkan mood karena merupakan kombinasi dari asam lemak omega-3, vitamin B, dan tryptophan. Kacang ini bagus sebagai sumber asam folat (vitamin B9) yang dapat mengurangi depresi.


 Bayam
Menurut Beth Reardon, RD, pakar nutrisi dari Duke Integrative Medicine in Durham, North Carolina, tiga mangkuk bayam bisa mensuplai 40 persen kebutuhan magnesium, yang merupakan mineral yang bisa mengurangi efek stres di dalam tubuh dengan cara mencegah tekanan darah melonjak. Masukkan bayam dalam omelet atau sandwich jika tidak terlalu suka memakannya terpisah.


  Jeruk
Bahkan orang sehat yang sedang stres pun bisa kena sakit, demikian menurut studi yang dilakukan peneliti dari Carnegie Mellon University di Pittsburgh. Tensi darah sangat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Namun hal itu bisa dilawan dengan konsumsi vitamin C rutin yang banyak terdapat dalam jeruk. Vitamin C akan memperbanyak sel-sel imun tubuh dan mengurangi risiko masuknya virus.


  Ikan
Kandungan omega 3 dalam ikan-ikan laut seperti salmon dan tuna bisa meningkatkan kemampuan otak dan mengurangi kepikunan. Dalam sebuah studi yang dimuat dalam Diabetes & Metabolism, partisipan yang mengonsumsi ikan tersebut selama 3 minggu diketahui mengeluarkan hormon anti stres yang lebih tinggi saat melakukan beberapa tes kognitif.


  Roti Gandum
Vitamin B yang banyak terkandung dalam gandum utuh akan menstimulasi produksi hormon serotonin, sebuah hormon dan zat neurotransmitter yang akan mengirim sinyal menenangkan dalam otak. Elisa Zied, RD, pengarang buku Nutrition at Your Fingertips pun mengatakan bahwa gandum utuh akan dicerna tubuh secara perlahan sehingga hormon serotonin yang dikeluarkan pun akan bertahan lama.


  ice cream
Kandungan gizi es krim per 100 g
• energi (207 Kal)
• protein (4 g)
• lemak (12,5 g)
• kalsium (123 mg)
• fosfor (99 mg)
• natrium/sodium 
Selain zat gizi di atas, agar lebih yummy, es krim ditambahkan pengemulsi dan perasa (flavour).
Di balik kelembutan dan rasa manisnya, es krim terbukti memiliki beberapa fakta gizi yang tak terduga. Keunggulan es krim didukung oleh bahan baku utamanya, yaitu susu tanpa lemak dan lemak susu. Susu disebut sebagai makanan yang hampir sempurna karena kandungan zat gizi yang lengkap.
Para peneliti menemukan lebih dari 100.000 jenis molekul yang terkandung di dalam susu. Selain air dan lemak, molekul-molekul tersebut mencakup protein, karbohidrat, mineral, enzim-enzim, gas, serta vitamin A. C dan D. Terdapat beberapa peneliti yang menyatakan bahwa susu termasuk dalam golongan pangan fungsional.

Sumber: 
http://www.reneadzawiyah.co.cc/2012/05/makanan-penghilang-galau.html

0 komentar:

Poskan Komentar